Wisata Sleman Jogja Tebing Breksi

Wisata Sleman Jogja memang tidak ada habisnya untuk dijelajahi. Tak cukup waktu liburan tiga hari untuk menghabiskan seluruh wisata yang ada di Sleman, apalagi Jogja. Apa saja yang ada di Jogja bisa menjadi wisata, contohnya tepian jalan raya yang dari pinggirnya dapat melihat pemandangan seluruh kota Jogja, yang kemudian diberi nama bukit bintang. Wisata bukit pandang tersebut letaknya ada di Gunung Kidul, menyenangkan sekali datang kesana pada malam hari.

Kembali ke tebing breksi, tebing yang juga merupakan bukit pandang ini dulunya adalah bekas penambangan batu dan pasir biasa yang letaknya ada di kawasan prambanan, di atas tebing breksi ada yang namanya candi ijo. Sebelum menjadi seindah sekarang, tebing breksi hanyaleh tebing biasa yang berwarna putih. Kemudian warga setempat mulai sadar akan potensi dan keindahan pemandangan dari atas tebing ini. Kemudian dibangunlah tebing breksi menjadi lebih bagus lagi, ada ukiran naga dan tokoh pewayangan di badan tebingnya. Dibangun pula tangga yang memudahkan pengunjung naik ke atas tebing. Padahal sebelumnya tangga itu belum ada. Kubangan air yang merupakan kerukan yang tidak disengaja malah menjadi semacam kolam yang indah dengan air yang berwarna hijau. Ada juga burung hantu yang dapat diajak berfoto di sana. Mengunjungi tebing breksi baik itu pada pagi hari ataupun sore hari sama-sama indah dan menakjubkan. Apabila ingin berkunjung pada tengah hari, maka gunakanlah topi, sunblok dan kaca mata untuk menghindari sengat sinar matahari.

Akses Menuju Tebing Breksi

Akses menuju ke Wisata Sleman Jogja tebing breksi ini di awal perjalanan akan terasa biasa saja, bahkan cenderung mulus dan tanpa kemacetan berarti. Sebab lokasinya tidak terlalu di tengah kota atau di tepian jalan besar. Lokasinya ada di pedesaan, namun jalanannya agak menanjak. Santai saja, mobil tetap bisa naik sebab jalan sudah diperbesar dan lubang-lubang sudah diperbaiki. Baik menggunakan mobil atau motor akan sama-sama sampai.

Tebing Breksi
Tebing Breksi

Ada banyak sekali penunjuk arah untuk menuju ke tebing breksi, awalnya Anda hanya perlu menuju ke arah prambanan. Sesampainya di perempatan prambanan, ambil kanan dan jalan terus sampai menemukan plang penunjuk arah.

Harga Tiket Masuk Tebing Breksi

Harga tiket masuknya sangat murah sekali, Anda hanya perlu membayar parkir saja sebesar Rp. 2000. Masih sangat murah sebab masih dikelola oleh warga setempat. Beda lagi dengan Candi Prambanan yang sudah dikelola oleh pemerintah, maka harga tiketnya menjadi mahal. Lokasi parkir terbilang aman, dekat dengan musholla sehingga apabila Anda butuh kamar kecil maka langsung tersedia. Dekat pula dengan deretan warung yang menjual makanan.

Aktivitas di Tebing Breksi

Tidak hanya sekedar berjalan-jalan saja, di tebing breksi ada banyak sekali aktivitas yang dapat Anda lakukan. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

  1. Menikmati alunan musik atau acara yang ada dibunderan bawah, sudah di desain panggung dan tempat duduk dari batu.
  2. Menikmati matahari tenggelam pada sore hari, Anda bisa sekalian berburu foto.
  3. Menikmati pemandangan kota Jogja dari atas tebing, sesekali sambil memandangi truk yang beberapa masih mengangkut pasir dan batu dari tebing breksi.

Itu tadi adalah beberapa hal dari Wisata Sleman Jogja tebing breksi yang dapat Anda lakukan. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menjadi referensi Anda untuk berwisata di Jogja. Selamat berlibur!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *