Wisata Sleman Jogja Candi Ratu Boko

Wisata Sleman Jogja yang satu ini merupakan wisata legendaris dan banyak menjadi perbicangan banyak orang. Sejarahnya sangat fenomenal dan menjadi tanda tanya bagi banyak orang. Berwisata ke candi ini juga sekaligus mengolah jiwa dan bukan hanya raga saja. Kalau Anda membuka instagram, Anda akan menemukan banyak sekali foto yang berlatarkan candi legendaris ini. Efek fotogenik dari candi ini sangat bagus sekali, Anda akan nampak seperti berada di kerajaan lain.

Candi Ratu Boko
Candi Ratu Boko

Candi ratu boko ini juga mengalami cocokologi dengan cerita nabi sulaiman. Sebab ada keanehan, yakni candi ratu boko hanya terdiri dari pintu besar saja tanpa apa-apa di dalamnya. Hanya ada bekas-bekasnya saja dan hal itu kalau dipikirkan dengan logika akan sangat sulit diterima akal. Kemudian candi ratu boko ini dikaitkan dengan cerita nabi sulaiman yang mampu memindahkan istana ratu bilqis di kerajaannya. Nama kabupaten sleman juga dikaitkan dengan nama nabi sulaiman itu sendiri. Dari Sulaiman kemudian karena lidah orang jawa agak susah mengucapkannya lalu menjadi Sleman. Sekali lagi hal itu hanya cocokologi dan belum terbukti kebenarannya. Anda boleh percaya dan boleh tidak akan hal itu.

Terlepas dari legenda dan cerita yang ada, candi ratu boko ini sangat bagus dan recomended sekali untuk dikunjungi. Apalagi bila Anda datang di sore hari, Anda bisa melihat matahari terbenam di candi ini, sebab candi ini letaknya ada di atas bukit. Wisata Sleman Jogja satu ini terbilang wisata yang sangat bagus sekali dan merupakan tempat wisata yang ekslusif.

Akses Lokasi Menuju Candi Ratu Boko

Akses menuju Wisata Sleman Jogja ini sebenarnya sangat mudah sekali, masih satu kawasan dengan candi prambanan. Di daerah prambanan sendiri masih banyak candi yang lainnya, karena memang di prambanan ada banyak sekali candi. Baik itu yang sudah diketahui sebelumnya atau yang belum diketahui dan belum banyak diketahui oleh orang banyak.

Lokasi candi ini ada di atas bukit, jadi untuk bisa sampai ke sana Anda harus melewati jalan yang agak menanjak dan terjal. Namun bila sudah sampai di sana, Anda akan mendapatkan pemandangan yang sangat spektakuler sekali. Dijamin perjalanan Anda yang jauh tidak akan sia-sia begitu saja.

Harga Tiket Masuk Candi Ratu Boko

Harga tiket masuk candi ratu boko ini terbilang sangat mahal sekali, bisa mencapai Rp. 60.000. Harga yang lumayan mahal untuk masuk sebuah candi bagi sebagian orang, sebab candi yang ada hanya sebuah pintu saja tanpa ada apa-apa di dalamnya. Namun bagi yang sangat penasaran sekali, harga tersebut merupakan harga yang sepadan dengan apa yang akan didapatkan. Selain itu Anda juga diharuskan untuk membayar parkir sebesar Rp. 5000 per kendaraan. Harga ini jauh berbeda sekali dengan harga tiket masuk di masa sebelumnya yang hanya berkisar antara sepuluh sampai dua puluh ribu saja.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Candi Ratu Boko

Ada beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di Candi Ratu Boko, yakni selain daripada melihat pemandangan dan mengagumi alam yang ada di sana. Di kawasan candi ratu boko tersebut juga ada sebuah kafe yang sangat asyik sekali untuk dijadikan sebagai tempat nongkrong. Anda bisa menghabiskan sore dan malam Anda di kafe tersebut. Itulah tadi sekilas info mengenai Wisata Sleman Jogja candi ratu boko. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Wisata Sleman Jogja Candi Prambanan

Wisata Sleman Jogja mana yang belum Anda kunjungi? Saking banyaknya wisata yang ada di Jogja, Anda pastinya menjadi bingung harus berkunjung ke wisata yang mana dulu. Setiap sudut Jogja bagian mana pun itu adalah tempat berwisata. Ada tebing breksi yang awalnya hanya penambang batu dan pasir, bukit bintang yang merupakan tepian sebuah jalan. Ada banyak pantai dan juga candi.

Kali ini kita akan membahas mengenai candi prambanan yang ada di Jogja, tepatnya masuk di kabupaten Sleman. Tapi intinya candi tersebut masih terletak dalam kawasan Yogyakarta. Candi ini merupakan warisan budaya yang dijaga baik oleh masyrakat Jogja. Candi ini merupakan candi yang bercorak agama Hindu. Berbeda dengan candi Borobudur yang corak agamanya adalah Budha.

Kawasan candi prambanan sangat panas sekali, Anda dianjurkan membawa topi dan kacamata agar tidak merasa panas dan silau. Di kawasan tersebut ada penjual yang menawarkan itu semua, ada pula sewa payung yang bisa Anda sewa selama beberapa saat. Mengajak anak dan keluarga ke candi ini merupakan pilihan yang tepat untuk mengisi liburan. Selain menikmati suasana Jogja yang asri dan damai, Anda sekeluarga bisa sekaligus belajar mengenai sejarah dan budaya yang ada di candi prambanan tersebut.

Akses Menuju Candi Prambanan

Akses menuju candi ini sangat mudah sekali, tinggal arahkan saja kendaraan Anda menuju kota Klaten kalau dari Jogja. Klaten sendiri sudah masuk provinsi Jawa Tengah dan terpisah dari provinsi DIY. Lokasi candi ini ada di tepian jalan, Anda mungkin akan menghadapi sedikit kemacetan bila menuju kesana. Sebab harus melalui jalan besar dan merupakan salah satu jalan utama di Jogja. Baik menggunakan mobil atau motor, Anda bisa sama-sama sampai di candi. Anda juga bisa menggunakan bus trans Jogja, hanya dengan Rp. 3600 – Rp. 5000 saja Anda sudah bisa sampai. Bila kebingungan Anda jangan ragu bertanya pada petugas mengenai rute dan trayek yang harus dinaiki.

Candi Prambanan
Candi Prambanan

Harga Tiket Masuk Candi Prambanan

Harga tiket masuk Wisata Sleman Jogja candi prambanan adalah sekitar Rp. 35.000. Sejak beberapa tahun ini, harga tiket masuk ke prambanan selalu mengalami kenaikan meskipun sedikit. Sebelum semakin mahal, Anda harus segera berkunjung kesana. Makin tahun candi ini makin bagus dengan penambahan berbagai macam fasilitas. Kalau dulu ada pintu samping yang dapat dimasuki secara gratis, sekarang lewat pintu manapun semuanya harus bayar senilai harga yang sudah ditentukan.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Candi Prambanan

Berikut ini adalah beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di Candi Prambanan:

  1. Sendra tari ramayana / ramayana ballet

Anda bisa menyaksikan sendra tari ramayana di candi prambanan pada jadwal yang sudah ditentukan. Jadwal tersebut bisa Anda ketahui di internet atau dengan melihat baliho yang terpasang di depan candi prambanan.

  1. Perayaan tahun baru hindu

Ada sebuah festival yang dapat Anda ikuti dan itu sangat menarik sekali, festival tersebut adalah festival perayaan tahun baru agama hindu. Ada pula beberapa festival lainnya yang dapat Anda ikuti. Jadwal festival tersebut dapat Anda lihat di media sosial.

  1. Berfoto dengan latar kebudayaan yang kental

Dengan melihat berbagai macam arca yang ada di candi prambanan, Anda bisa sekaligus berfoto dengan latar kebudayaan dan sejarah yang kental.

Itu tadi adalah Wisata Sleman Jogja yakni candi prambanan yang menjadi salah satu rekomendasi tujuan wisata Anda. Semoga informasi ini bermanfaat.

Wisata Sleman Jogja Candi Ijo

Wisata Sleman Jogja ada banyak sekali macamnya, Anda tidak akan cukup hanya dengan waktu 2 sampai 3 hari saja untuk menjelajah Jogja. Di Jogja ada pantai, ada gunung, ada laut dan ada banyak sekali  tempat wisata baru bermunculan setiap waktunya. Anda dijamin akan betah berada di Jogja, sebab setiap sudutnya merupakan tempat wisata yang istimewa. Dijamin Anda akan merindukan Jogja ketika Anda sudah tak lagi berada di dalamnya.

Ada banyak sekali Candi yang ada di Jogja, kebanyakan candi di Jogja corak agamanya adalah Hindu. Sebab agama penduduk kerajaan mataram dulunya kebanyakan adalah Hindu. Fungsi dari dibangunnya candi itu sendiri awal mulanya adalah untuk dijadikan sebagai tempat pemujaan dewa-dewa. Di dalam candi itu sendiri selalu ada unsur ketuhanan yang ditanamkan. Entah itu dibangun arca dewa atau bentuk-bentuk yang lain sebagainya.

Candi ijo ini bisa menjadi salah satu rekomendasi berlibur yang cocok untuk Anda dan keluarga. Sebab tempatnya sangat sejuk dan asri. Bagi Anda yang lelah dengan kegiatan sehari-hari, Anda bisa menuju ke tempat ini untuk mengistirahatkan sejenak jiwa dan raga Anda. Angin yang berhembus dengan sepoi-sepoi dan suara alam yang tenang merupakan sebuah terapi luar biasa bagi yang lelah jiwanya.

Candi Ijo
Candi Ijo

Akses Menuju Lokasi Wisata Candi Ijo

Akses menuju lokasi Wisata Sleman Jogja candi ini sebenarna sama dengan akses lokasi jalan menuju tebing breksi. Sebab letaknya hanya di atas tebing breksi persis, Anda tinggal naik sedikit saja makan sudah sampai di Candi ijo. Untuk keterangan jalan sendiri, awalnya Anda harus menuju ke arah prambanan sebab candi ini letaknya ada di kawasan prambanan. Masih satu kawasan dengan ratu boko dan juga candi prambanan. Memang banyak sekali candi yang ada di prambanan, hal ini juga berkaitan dengan masa lalu kerajaan mataram dalam hal pemujaan dewa-dewa dan juga Tuhan yang dilakukan di candi. Candi sendiri diibaratkan sebagai tempat beribadah bagi umat Hindu. Baik menggunakan motor atau mobil, Anda sama-sama bisa sampai ke candi ini. Namun alangkah lebih baiknya apabila menggunakan motor supaya lebih cepat sampai. Anda harus berhati-hati sebab ada banyak sekali tanjakan yang ada di sepanjang jalan menuju candi ijo.

Harga Tiket Masuk Candi Ijo

Harga tiket masuk candi ijo ini kira-kira Rp. 10.000 saja. Anda diperbolehkan masuk dari pagi sampai dengan jam 5 sore. Namun apabila Anda datang dan ingin masuk lebih dari jam 3 sore, maka hal itu tidak diperbolehkan lagi. Oleh karena itu, Anda harus datang di jam dan waktu yang tepat. Selanjutnya Anda juga diharuskan untuk membayar parkir sebesar Rp. 2000 saja.

Kegiatan yang Bisa Anda Lakukan di Candi Sambisari

Letak candi ini sendiri ada di atas bukit, Anda selain bisa menikmati candi juga bisa menikmati pemandangan kota Jogja dari ketinggian. Sangat indah sekali dan memanjakan mata Anda. Hawa yang panas gerah tidak akan Anda rasakan ketika berada di Candi ijo ini. Hal itu pula adalah asal muasal dari nama candi ijo ini, dinamakan candi ijo karena suasananya yang sejuk dan juga asri.

Itu tadi adalah sedikit ulasan mengenai Wisata Sleman Jogja candi ijo yang dapat kami berikan untuk Anda. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur.